MEMAHAMKAN (3)

Kita lanjutkan kembali. Maaf agak lama memang. Kemaren terakhir sampai ke lessons learned ya? Artinya kira-kira peserta pelatihan harus dapat memetik pelajaran dari praktek terbaik yang ditemui ketika studi lapangan.Karena ini pelatihan kepemimpinan, maka kepemimpinan dan inovasi layanan menjadi dua hal yang rasanya tidak dapat diabaikan.

Baiklah, untuk itu kedua hal tersebut yang kemudian harus diwujudkan peserta dalam bentuk rancangan aksi perubahan. Dalam rancangan tersebut tidak saja tahapan dan langkah demi langkah kepemimpinan dalam rancangan aksi perubahan berbentuk inovasi layanan dituangkan. Rancangan aksi perubahan ini yang kemudian diuji melalui seminar, ada penguji ada mentor dan tentu saja ada coach.

Apa isi rancangan aksi perubahan itu? Secara garis besar berisi latar belakang, diagnosa organisasi, inovasi, tahapan dan manajemen resiko, pemanfaatan sumber daya dan strategi pengembangan potensi diri.

Baiklah kita detailkan satu persatu secara singkat. Pertama, soal latar belakang. Karena yang menjadi tujuan adalah peningkatan kinerja, maka peserta harus dapat memastikan kinerja apa yang harus ditingkatkan dan kenapa? Tentu kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan harus dapat terukur dan diuji, untuk mudahnya ya harus dengan angka-angka. Berikutnya, kedua adalah diagnose organisasi. Gap atau kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan itulah yang kemudian dilakukan analisa organisasi. Banyak alat yang dapat dipergunakan untuk itu, dari APKL, USG, Fishbone hingga Mc Namara atau lainnya. Hasil diagnose organisasi adalah menemukan apa yang menjadi masalah dan kebutuhan utama untuk peningkatan kinerja organisasi. Kenapa ini harus dilakukan, karena bisa jadi begitu banyak masalah dan kebutuhan organisasi. Peserta cukup menemukan satu, tentu yang sesuai dengan jabatan peserta saat ini.

Seluruh proses di atas tersebut menghasilkan langkah ketiga yaitu rencana aksi yang dibuat adalah benar-benar tepat untuk meningkatkan kinerja organisasi. Keempat, setelah ditemukan gagasan dalam bentuk rencana aksi perubahan ditemukan dan ditentukan, lalu diuji apakah hal tersebut merupakan inovasi? Apa ukurannya, sederhana saja yaitu memberikan nilai tambah untuk organisasi, memiliki unsur kebaruan, dapat diduplikasi atau diterapkan oleh yang lain, berkelanjutan dan tentu saja harus sejalan dengan kebijakan organisasi. Selanjutnya kelima, melakukan perubahan tentu membutuhkan waktu, untuk itu dibuatkan tahapan, langkah berikut target yang hendak dicapai. Jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk memastikan keberhasilan, tentu setiap tahapan dan langkah juga harus disertai dengan mitigasi resiko.

Keenam, apakah perubahan dapat diwujudkan sendiri? O tentu tidak ferguso (mode sinetron on). Namanya diklat kepemimpinan, berarti ada sumber daya manusia, dan tentu saja sumber daya lainnya yang harus dapat dioptimalkan. Mulai tim efektif, stakeholder baik internal ataupun eksternal berikut jejaring kerja dan yang tidak boleh dilupakan teknologi informasi. Ingat ya yang terakhir ini, suka atau tidak suka telah banyak merubah mekanisme kerja selama ini. Jadi inovasi dalam rancangan aksi perubahan juga harus dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja. Klo lingkungan peradilan ya untuk mewujudkan asas peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan. Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan didorong untuk itu.

Nah karena ketiga kelompok fungsi di lingkungan pengadilan terdiri dari individu-individu, termasuk dan tidak terbatas peserta pelatihan ini, maka harus dapat mengembangkan potensi dirinya, terlebih mereka yang mendapat beban lebih sebagai pimpinan. Rancangan aksi perubahan yang disusun harus dapat menggambarkan rencana pengembangan potensi diri itu.

Kesemuanya itu harus dapat dipresentasikan dengan baik. Masukan penguji, dorongan coach dan persetujuan mentor menjadi penanda peserta harus bersiap memulai gagasan besar, melakukan aksi perubahan untuk peningkatan kinerja organisasi.

Tadinya mau tamat, tapi kayaknya belum selesai jadi bersambung juga ya.

Megamendung, 2 Agustus 2023 ketika terbangun pada sebuah malam.

Author: sektiekaguntoro

nga enak dibaca dan nga perlu

Leave a comment